Senin, 06 April 2015

ILMU BUDAYA DASAR YANG DI HUBUNGKAN DENGAN PROSA

SI JAMPANG ( ROBIN HOOD BETAWI )

"Sinopsis"  

"Si Jampang adalah seorang pendekar dari betawi yang di kenal sebagai "Robin Hood" dari betawi. Karena ia seorang ahli silat, ia kerap merampok harta milik tuan tanah maupun orang kaya yang tamak di daerah  Grogol, Depok. Lalu, hasil rampokannya dibagi bagikan kepada rakyat jelata. bagi tuan tanah dan orang kaya, si jampang adalah sosok yang menakutkan. namun ia merupakan sosok pahlawan bagi rakyat kecil. Latar belakanag seorang jampang ini bukanlah berasal dari orang yang berada. Bapaknya asli dari daerah banten dan ibunya orang asli desa jampang. ia adalah seorang yatim piatu dia di besarkan oleh pamannya. dan di masukan ke perguruan silat di daerah cianjur supaya memiliki perlindungan sendiri. oleh pamannya juga di suruh belajar mengaji agar mempunyai bekal hidup yang cukup untuk kelak dewasanya nanti. "

"Nilai - nilai yang di peroleh pembaca"

Dalam segi kesenangan, Si Jampang adalah seorang ahli bela diri yang hebat, dia adalah seorang yang baik hati, suka menolong apalagi kepada rakyat miskin yang sangat membutuhkan pertolongannya.

Dalam segi Informasi, Si jampang ini adalah seorang ahli bela dari asal betawi yang tinggal di daerah Grogol depok,  dia juga di kenal sebagai " Robin hood" dari betawi karena kebiasan dia yang suka mengambil harta orang" kaya yang tamak, untuk di bagikan kembali kepada orang yang sangat membutuhkan.

Dalam segi warisan budaya nilai positif kebaikan dan keberanian nya dan bela diri yang di pelajarinya harus dapat kita teruskan agar tercipta lebih banyak orang yang mau menolong tampa pamrih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar